INISIASI PROYEK
Ø Memulai proyek termasuk mengenali dan memulai sebuah proyek baru atau fase proyek.
Ø Beberapa organisasi menggunakan fase pra-inisiasi , sementara yang lain termasuk item seperti mengembangkan kasus bisnis sebagai bagian dari inisiasi.
Ø Tujuan utamanya adalah secara formal memilih dan memulai proyek.
Ø Output utama meliputi:
o Menetapkan manajer proyek.
o Mengidentifikasi stakeholder kunci.
o Menyelesaikan kasus bisnis.
o Menyelesaikan project charter dan mendapatkan tanda tangan diatasnya.
PERENCANAAN PROYEK
Ø Tujuan utama dari perencanaan proyek adalah membimbing eksekusi.
Ø Sebuah rencana manajemen proyek adalah dokumen yang digunakan untuk mengkoodinasikan semua dokumen perencanaan proyek dan membantu memandu pelaksanaan suatu proyek dan control.
Ø Rencana dibuat dalam bidang pengetahuan lainnya adalah bagian dari rencana manajemen proyek secara keseluruhan.
Ø Kunci output termasuk dalam proyek JWD meliputi:
o Kontrak tim.
o Scope statement.
o Work breakdown structure.
o Jadwal proyek, dalam bentuk bagan Gantt dengan semua dependensi dan sumber daya masuk.
o Sebuah daftar resiko prioritas (bagian dari sebuah register resiko).
PELAKSANAAN PROYEK
Ø Pendahuluan atau gambaran dari proyek tersebut.
Ø Uraian tentang bagaimana proyek tersebut diatur.
Ø Manajemen dan proses teknis yang digunakan pada proyek.
Ø Pekerjaan yang harus dilakukan, jadwal, dan informasi anggaran.
Ø Keterampilan manajemen umum seperti kepemimpinan, komunikasi, dan keterampilan politik.
Ø Produk, bisnis, dan keterampilan dalam palikasi dan pengetahuan.
Penggunuaan alat dan teknis khusus.
Ø Pelaksanaan proyek melibatkan manajemen dan melakukan pekerjaan yang diuraikan dalam rencana manjemen proyek.
Ø Sebagian besar waktu dan uang biasanya dikeluarkan untuk eksekusi.
Ø Daerah aplikasi proyek secara langsung mempengaruhi pelaksanaan proyek karena produk proyek yang dihasilkan selama pelaksanaan proyek.
PENGENDALIAN PROYEK
Ø Para manajer harus memimpin dengan contoh untuk menunjukkan pentingnya menciptakan dan kemudian mengikuti rencana proyek yang baik.
Ø Budaya organisasi dapat membantu pelaksanaan proyek dengan:
o Memberikan pedoman dan template.
o Pelacakan kinerja berdasarkan rencana.
Ø Manajer proyek mungkin masih perlu melanggar aturan untuk memenuhi tujuan proyek, dan manajer senior harus mendukung tindakan tersebut.
Ø Memastikan bahwa deskripsi produk proyek adalah benar dan lengkap.
Ø Melibatkan identifikasi dan mengendalikan karakteristik desain fungsional dan fisik produk dan dokumentasi pendukungnya.
Ø Spesialis manajemen konfigurasi diidentifikasi dan persyaratan konfigurasi dokumen, pengendalian perubahan, perubahan mencatat dan melaporkan, dan audit produk untuk memverifikasi kesesuaian dengan persyaratan.
PENUTUPAN PROYEK
Ø Untuk menutup suatu proyek , kita harus menyelesaikan semua aktivitas dan mengalihkan pekerjaan yang telah diselesaikan atau dibatalkan kepada orang-orang yang tepat.
Ø Output utama meliputi :
o Prosedur penutupan administrasi.
o Prosedur penutupan kontrak.
o Final produk, jasa, atau hasil.
o Update asset proses organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar